Minggu, 20 Maret 2016

KEGIATAN BERMAIN BALOK


Di lembaga-lembaga PAUD sudah menjadi sebuah ciri tersendiri jika kegiatan bermain balok itu merupakan salah satu kegiatan pokok untuk lembaga baik yang berbasis sentra maupun kelompok. Balok itu mempunyai tempat tersendiri di hati anak serta menjadi pilihan favorit sepanjang tahun, bahkan sampai tahun ajaran berakhir. Ketika bermain balok banyak temuan-temuan terjadi. Demikian pula pemecahan masalah yang terjadi secara alamiah. Bentuk konstruksi balok itu mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dapat menunjukan adanya peningkatan perkembangan berpikir mereka. Daya penalaran anak akan bekerja aktif. Konsep pengetahuan matematika akan mereka temukan sendiri, seperti nama bentuk, ukuran, warna, pengertian sama atau tidak sama, seimbang. Sosialisasi juga terjadi pada tenggang rasa dan berkomunikasi dengan baik. Pengetahuan sosial juga dapat timbul, misalnya membangun gedung-gedung, kantor, rumah, stasiun, bandara dan secara imajiner membuat sebuah kota. Begitu juga kemampuan berbahasanya timbul saat anak menyebutkan nama hasil kreasinya. Jiwa sosial dan kemampuan komunikasi juga berkembang ketika anak bermain balok bersama-sama dengan teman-teman sebayanya.

Anak usia dini yang berada pada tahap pra-sekolah, sangat menyukai kegiatan bermain balok ini. saking asiknya terkadang mereka lupa waktu. Ini lah saat yang tepat bagi pendidik dan orang tua untuk ikut membantu menstimulus perkembangan mereka, karena dalam kegiatan bermain balok ada aspek-aspek yang turut terbangun secara utuh. Baik aspek Kognitif, Afektif dan Motoriknya, Anak akan tumbuh dengan cerdas dan trampil jika perkembangannya didukung dengan main yang bermutu, salah satu main itu adalah dengan kegiatan bermain Balok dibawah arahan pendidik dan guru mereka di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar